Usaha Mengatasi Kesulitan Belajar

Usaha Mengatasi Kesulitan Belajar

Secara garis besar, lankah-langkah yang perlu ditempuh dalam rangka usaha mengatasi kesulitan belajar anak didik, dapat dilakukan melalui 6 (tahap) yaitu:

1)        Pengumpulan Data

Usaha yang dapat dilakukan dalam usaha pengumpulkan data melalui kegiatan sebagai berikut:

  1. Kunjungan rumah.
  2. Case study dan case history.
  3. Daftar pribadi.
  4. Meneliti pekerjaan anak.
  5. Meneliti tugas kelompok.
  6. Melaksanakan tes, baik IQ maupun tes prestasi.

2)        Pengolahan Data

Data yang telah terkumpul tidak akan ada artinya jika tidak diolah secara cermat. Langkah yang dapat ditempuh dalam rangka pengolahan data adalah sebagai berikut:

  1. Identifikasi kasus.
  2. Membandingkan antar kasus.
  3. Membandingkan dengan hasil tes.
  4. Menarik kesimpulan.

3)        Diagnosis

Diagnosis merupakan keputusan  (penentuan) mengenai hasil dari pengolahan data. Diagnosis dapat berupa hal-hal sebagai berikut:

  1. Keputusan mengenai jenis kesulitan belajar anak didik yaitu berat dan ringannya tingkat kesulitan yang dirasakan anak didik.
  2. Keputusan mengenai faktor-faktor yang ikut menjadi sumber penyebab kesulitan belajar anak didik.
  3. Keputusan mengenai faktor utama yang menjadi sumber penyebab kesulitan belajar anak didik.

4)        Prognosis

Keputusan yang diambil berdasarkan hasil diagnosis menjadi dasar pijakan dalam kegiatan prognosis. Dalam prognosis dilakukan kegiatan penyusunan program dan penetapan ramalan mengenai bantuan yang harus diberikan kepada anak untuk membantunya keluar dari kesulitan belajar. Adapun pertanyaan yang harus diajukan menggunakan rumus 5W+1H.

5)        Treatment

Bentuk treatment yang mungkin dapat diberikan adalah:

  1. Melalui bimbingan belajar individual.
  2. Melalui bimbingan belajar kelompok.
  3. Melalui remedial teaching untuk mata pelajaran tertentu.
  4. Melalui bimbingan orang tua di rumah.
  5. Pemberian bimbingan pribadi untuk mengatasi masalah-masalah psikologis.
  6. Pemberian bimbingan mengenai cara belajar yang baik secara umum.
  7. Pemberian bimbingan mengenai cara belajar yang baik sesuai dengan karakteristik setiap mata pelajaran.

6)        Evaluasi

 

Sumber :

https://belantaraindonesia.org/alarm-clock-pro-apk/