Sejarah Kerajaan Islam di Sumatra

Sejarah Kerajaan Islam di Sumatra

Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan Samudra Pasai terletak di Aceh, merupakan kerajaan Islam pertama di Aceh, merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Meruah Silu pada tahun 1267 M. Bukti – bukti arkeologis keberadaan kerajaan ini adalah ditemukannya makam raja – raja Pasai di kampung Geudong, Aceh Utara. Makam ini terletak di dekat reruntuhan bangunan pusat kerajaan di desa Beuringin, kecamatan Samudra, sebelah timur Lhokseumawe.

Di antara makam raja – raja tersebut, terdapat nama Sultan Malik Al – Saleh, Raja Pasai Pertama. Malik al – Saleh adalah nama baru Meurah Silu setelah ia masuk Islam, dan merupakan sultan Islam pertama di Indonesia.

Pada masa jayanya, Samudra Pasai merupakan pusat perniagaan penting di kawasan itu, dikunjungi oleh para saudagar dari berbagai negeri, seperti Cina, India, Siam, Arab dan Persia. Komoditas Utama adalah lada. Sebagai bandar perdagangan besar, Samudra Pasai mengeluarkan mata uang emas yang disebut dirham. Uang ini digunakan secara resmi di kerajaan. Di samping sebagai pusat perdagangan, Samudra Pasai juga merupakan pusat perkembangan agama Islam. Seiring perkembangan zaman, Samudra Pasai mengalami kemunduran, hingga ditaklukan oleh Majapahit sekitar tahun 1360 M. Pada tahun 1524 M ditaklukan oleh kerajaan Aceh.

Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan besar, pusat perdagangan dan perkembangan agama Islam. Sebagai kerajaan besar, di kerajaan ini juga berkembang suatu kehidupan yang menghasilkan karya tulis yang baik. Sekelompok minoritas kreatif berhasil memanfaatkan huruf Arab yang dibawa oleh agama Islam, untuk menulis karya mereka dalam bahasa Melayu.

Sejalan dengan itu, juga berkembang ilmu tasawuf. Di antara buku tasawuf yang diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu adalah Durru al – Manzum, karya Maulana Abu Ishak. Kitab ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu oleh Makhdum Patakan.

2. Kerajaan Aceh Darussalam
Kerajaan Aceh berdiri menjelang keruntuhan Samudra Pasai, Sebagaimana tercatat dalam sejarah, pada tahun 1360 M, Samudra Pasai ditaklukan oleh Majapahit, dan sejak saat itu, kerajaan Pasai terus mengalami kemunduran. Diperkirakan, menjelang berakhirnya abad ke – 14 M, kerajaan Aceh Darussalam telah berdiri dengan penguasa pertama Sultan Ali Mughayat Syah.

 

Sumber: https://wisatalembang.co.id/