Penyebab AC Mobil Tiba-Tiba Panas

Kebanyakan empunya mobil ketika ini paling bergantung pada air conditioner (AC) atau pendingin kabin. Hal tersebut wajar sebab kondisi kabin yang panas tentunya meminimalisir rasa nyaman ketika berkendara.

Tapi bila AC mobil seketika tak sejuk lagi, bahkan menerbitkan hawa panas, kita tentu bingung. Terkadang bahkan tak tahu mesti melakukan apa.

Berdasarkan keterangan dari laman Suzuki, AC mobil seketika panas sebab ada masalah di unsur komponen magnetic clutch. Komponen ini bermanfaat menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin.

Ada tiga fenomena yang mengindikasikan magnetic clutch bermasalah. Pertama, blower AC tetap hidup, namun embusan AC tiba-tiba terasa panas dan disusul putaran mesin yang bertambah sekitar 1.000-1.500 RPM.

Biasanya AC bakal dimatikan sejumlah saat, dan setelah dikobarkan kembali, suhu AC pulang normal.

Ke dua, keluhan AC yang panas secara tiba-tiba beberapa besar terjadi ketika kendaraan terjebak kemacetan ketika melaju kencang di jalan tol.

Kejadian ini seringkali akan terus berulang. Awalnya, akan hadir sebulan sekali, lalu bertambah jadi dua minggu sekali, bahkan seminggu sekali.

Ke tiga, terdapat bunyi serupa gesekan mesin. Tak lama kemudian, AC jadi tidak dingin dan hadir bau terbakar. Kalau dibiarkan, ini bisa berdampak fatal dan AC mobil dapat mengalami kerusakan. Sumber : https://tinyurl.com/sevamobilbekasmurah