Pengertian Perdagangan internasional

Pengertian Perdagangan internasional

Pengertian Perdagangan internasional

Perdagangan internasional adalah

perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur Sutra, Amber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.

Contoh keunggulan koompratif dari komoditi indonesia dalam perdagangan internasional

Cengkeh merupakan salah satu komoditas perkebunan unggulan di Provinsi Sulawesi Utara, karena di daerah ini didukung oleh keadaan iklim dan tanah yang sesuai untuk tanaman cengkeh. Selain itu,cengkeh mempunyai peluang yang baik untuk diterapkan oleh petani karena tanaman ini adalah tanaman multi fungsi, dimana semua bagian dari tanaman ini bias di manfaatkan baik untuk industri rokok, industri makanan dan minuman serta di industri farmasi.

 

Dari industri-industri yang menggunakan cengkeh, industri rokoklah yang paling banyak menggunakan cengkeh sebagai bahan baku utama rokok kretek yang mencakup sekitar 80% produk rokok nasional. Sehingga peranan komoditas cengkeh melalui industri rokok kretek sangat signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Karena sangat dibutuhkannya komoditas cengkeh ini baik di pasar lokal maupun internasional, maka sebagai produsen terbesar, Indonesia perlu untuk merevitalisasi usaha agribisnis cengkeh. Dimana revitalisasi usaha agribisnis cengkeh ini diarahkan untuk penyediaan cengkeh bagi industri-industri lokal maupun internasional, peningkatan pendapatan petani sebagai  produsen cengkeh dan peningkatan sumber pendapatan Negara. Kekayaan alam cengkeh yang dimiliki Indonesia yang berlimpah harus tetap dijaga bahkan perlu ditingkatkan melalui kebijakan-kebijakan pemerintah dan kerjasama dengan petani cengkeh maupun kerjasama luar negeri agar Indonesia tetap menjadi produsen cengkeh terbesar di dunia.

.

Contoh keunggulan mutlak dari komoditi indonesia dalam perdagangan internasional

Indonesia memiliki keunggulan absolut pada hem batik,sedangkan jepang memiliki keunggulan absolut pada tv . Oleh karena itu indonesia dan jepang dapat mengadakan hubungan perdagangan batik dan tv .

Koperasi batik  cirebon menjelaskan bahwa ia sudah lama menjalin hubungan dengan konsumen di jepang  dalam memasarkan batik tulis khas cirebon. Menurut konsumen jepang bahwa peluang pasar batik di negeri sakura masih terbuka luas.


Sumber: https://appbrain.co.id/