Model 8 unsur lingkungan

Model 8 unsur lingkungan :

  1. Pemasok ( supplier ) lebih disebut vendor, memasok bahan baku, mesin, jasa, orang, dan informasi yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasanya.
  2. Pelanggan ( customer )
  3. Serikat kerja ( Labor union )adalah organisasi dari para pekerja terampil maupun tidak terampil dari berbagai jenis bidang usaha dan industri.
  4. Komunitas keuangan ( financial community ) terdiri atas industri-industri seperti bank dan institusi pemberi pinjaman lainnya yang mempengaruhi sumber daya keuangan yang tersedia bagi perusahaan.
  5. Pemegang saham dan pemilik ( stockbolders and owners )orang-orang yang menginvestasikan uang kedalam perusahaan. Mereka adalah pemilik perusahaan yang sebenarnya.
  6. Pesaing ( competitor ) adalah mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan didalam pasar.
  7. Pemerintah ( goverment ) baik itu ditingkat nasional, provinsi maupun local, akan memberikan pembatasan dalam bentuk peraturan dan perundang-undangan dan juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi dan dana
  8. Komunitas global ( global community ) adalah wilayah geografis dimana perusahaan menjalankan operasinya. Perusahaan menunjukkan tanggungjawabnya kepada masyarakat global dengan menghargai lingkungan hidup, memberikan produk dan jasa dan memberikan kontribusi kepada mutu kehidupan, dan melakukan operasinya secara etis.

Aliran sumber daya lingkungan

            Perusahaan terhubung dengan unsur – unsur lingkungannya memalui aliran sumber daya lingkungan (environmental resource flows).  Beberapa sumber daya mengalir lebih sering dari pada sumber daya yang lain. Aliran – aliran yang umum terjadi meliputi :

  1. Aliran informasi dari pelanggan
  2. Aliran bahan baku kepelanggan
  3. Aliran uang kepada pemegang saham
  4. Aliran bahan baku dari pemasok

Aliran yang lebih jarang terjadi meliputi aliran uang dari pemerintah (seperti uang penelitian), aliran bahan baku kepada pemasok (pengembalian barang dagangan), dan aliran pegawai kepada pesaing (karyawan yang “diajak” perusahaan lain),

            Tidak semua aliran sumber daya terjadi diantara perusahaan dan seluruh unsur lingkungannya. Satu-satunya sumber daya yang menghubungkan perusahaan dengan seluruh unsur adalah informasi, dan perusahaan berusaha untuk menjadikan hubungan informasi dengan pesaing sebagai sesuatu aliran satu arah.

Sumber: https://multiply.co.id/