Misteri Suku Kerdil di Nusantara

Misteri Suku Kerdil di Nusantara

Misteri Suku Kerdil di Nusantara
Misteri Suku Kerdil di Nusantara

BEBERAPA hari ini suku Mante menjadi kata yang mendadak populer

. Sosok manusia kerdil yang terekam oleh penggemar motor trail saat berkendara di pedalaman Aceh memunculkan lagi dugaan keberadaan suku Mante. Padahal, selama beberapa dekade ini suku tersebut dianggap sudah punah. Video itu pun menimbulkan berbagai perdebatan. Pakar antropologi Harry Truman Simanjuntak merasa tak yakin jika sosok yang dilihat para biker kala itu ialah anggota suku kerdil atau orang pendek. Dia berpendapat, dengan kondisi tanah dan hutan Aceh yang sudah banyak dijamah manusia, peluang untuk hidup manusia kerdil itu di wilayah tersebut cukup kecil.

Harry juga berpendapat ada yang aneh jika memang penampakan itu

adalah benar manusia kerdil di Aceh. Menurutnya, dengan begitu banyak sentuhan peradaban dari luar yang tiap hari masuk ke wilayah hutan Aceh, seharusnya suku Mante sudah ditemukan atau terlacak sejak lama. Meskipun kebenaran keberadaan suku Mante masih perlu pembuktian, kisah dan sejarah suku ini memang menarik. Suku Mante merupakan salah satu etnik terawal yang disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh. Sosoknya diidentikkan dengan tubuh pendek. Namun, sebenarnya penampakan suku kerdil tidak hanya terjadi di Aceh saja. Di Pulau Sumatra umumnya cerita urban tentang orang pendek telah ada sejak 1900-an.

Dikutip dari the Guardian, seorang ahli zoologi Richard Freeman pernah

melakukan ekspedisi pada 2011 untuk menemukan orang pendek yang masih sulit dipahami ini. Dia menjelaskan kemungkinan penampilan dan asal usul evolusi makhluk ini. Dia mengumpulkan beberapa berita dan penelitian yang telah dilakukan sejak 1990-an. Dia mencatat berita pertama kemunculan orang pendek terjadi pada awal abad ke-20 melalui seorang pejabat kolonial Belanda. Pada 1918, Gubernur Sumatra saat itu, LC Westenenk, mencatat peristiwa yang terjadi pada 1910 tentang kemunculan makhluk kecil berkaki pendek yang lari seperti manusia. Penampakan orang pendek terus terjadi pada 1920-an.

 

Baca Juga :