KARAKTERISTIK HAM

KARAKTERISTIK HAM

KARAKTERISTIK HAM

Setiap orang yang ada saat ini dan sebagai generasi penerus bangsa sangat perlu mengetahui apa saja karakteristik dari HAM. Ciri-ciri tersebut adalah:

1. HAM TIDAK DAPAT DIWAKILKAN, DICABUT, DIHILANGKAN, ATAU DISERAHKAN KEPADA PIHAK MANAPUN

Bahkan orang tua seklaipun tidak dapat mencabut HAM dari anaknya sendiri dengan alasan apapun. Apalagi orang lain. Jadi HAM ini bersifat mengikat selama pada setiap manusia yang hidup.

2. HAM TIDAK DAPAT DISERAHKAN KEPADA ORANG LAIN, MAKA DARI ITU MERUPAKAN HAK YANG HAKIKI BAGI SEMUA ORANG

Hak-hak yang dimaksud dalam konteks ini adalah manusia memiliki kebebasan di semua bidang. Jadi manusia akan memiliki hak sipil. Hak untuk berpolitik, hak dalam sektor perekonomian, hak untuk bersosialisasi dan juga hak untuk mengenyam pengetahuan berupa budaya.

3. HAM SUDAH TERDAPAT SEJAK LAHIR DI DUNIA

Bahkan seorang bayi juga sudah memiliki HAM. Maka dari itu, tidak diperbolehkan untuk membunuh atau pun mencelakakan bayi sekalipun. Pelanggaran HAM dapat dikenakan sanksi yang berat. Apalagi bila sudah termasuk ke dalam kategori pelanggaran HAM berat.

4. HAM MEMILIKI SIFAT UNIVERSAL

Universal yang dimaksudkan adalah bersifat melekat pada manusia tanpa membedakan status sosial yang dimiliki oleh orang tersebut ataupun keluarganya. Sifat universal yang dimiliki HAM juga tidak dibedakan berdasarkan pada SARA.


Sumber: https://hon.co.id/phantom-of-the-kill-apk/