Jumlah Tenaga Kerja

  Jumlah Tenaga Kerja

Bidang usaha yang cukup efisien ini tidak memiliki jumlah pekerja yang cukup banyak, namun Turmudi memiliki pekerja yang ahli dibidang masing-masing. Dimana pembagiannya sebagai berikut:

ü  Bagian proses produksi dan bahan baku 4 orang

ü  Bagian pembuatan badeng dan packing ikan pindang 3 orang

Sehingga total pekerja pada usaha pindang milik Turmudi hanya memerlukan delapan orag termasuk dirinya, turmudi selain pemilik usaha juga berperan sebagai penjual, sehingga menekan biaya produksi lebih efisien.

 

  1. Proses produksi ikan pindang
  • Bahan Baku dan Alat

ü  Ikan Layur dan Tongkol

ü  Air

ü  Garam

ü  Pengaduk

ü  Drum

ü  Tali tampar

ü  Kayu bakar

ü  Bahan bakar minyak

  • Proses pembuatan

Secara garis besar, pembuatan ikan pindang adalah sebagai berikut: Ikan yang telah disusun dalam badeng dimasukan ke bak perebusan/drum yang berisi garam mendidih dan direbus kurang lebih dua jam. Setelah itu ikan di angkat dan di tiriskan.

  1. Aspek teknis-ekonomis

Berdasarkan hasil observasi, ada aspek teknis-ekonomis yang tak kalah penting diantaranya:

ü  Biaya transportasi

Biaya ini menyangkut transportasi, baik itu dari lokasi usaha dengan tempat penyedia bahan baku, tempat produksi dan tempat pemasaran.

ü  Sarana jalan

Sarana jalan tidak kalah penting. Bila aspek ini tidak diperhatikan, terkadang dapat menaikan biaya pemasaran atau biaya pengangkut-an sehingga akan terjadi penambahan biaya operasional. Tidak jarang Turmudi harus menanggung biaya yang buncit di karenakan sarana jalan di sendang biru banyak yang berlubang.

ü  Sarana listrik dan irigasi

Listrik sangat diperlukan dalam menjalakan usaha Turmudi. Selain untuk sarana penerangan, listrik diperlukan untuk menjalankan sarana elektronik lain, seperti pompa dan blower. Semenara sarana irigasi mutlak di perlukan, mengingat lokasi tipe usaha Turmudi banyak menggunakan air, terutama pada saat perebusan dan penuncian ikan.

ü  Aspek iklim

Aspek iklim mempengaruhi keberhasilan usaha perikanan. Umumnya bisnis perikanan tergantung dengan faktor alam, dalam usaha Turmudi, curah hujan yang tinggi dapat membuat kualitas ikan pindang-nya rusak pada saat pengangkutan ke pasar.

ü  Aspek agronomis

Cakupan aspek agronomis antara lain topografi, lokasi, jenis tanah, dan kondisi tanah, serta jenis perairan yang berada di lokasi usaha.

  1. Pengendalian produksi perikanan

Pengusaha yang terjun kedalam dunia perikanan wajib untuk mengetahui sifat komoditas ikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi pengusaha agar nantinya tidak banyak menemui kesulitan dan tidak menderita kerugian. Sifat-sifat komoditas perikanan pindang yang digeluti Turmudi antara lain.

ü  Musim

Bahan baku ikan pindang yang biasa digunakan Turmudi adalah Tongkol dan layur, jika kedua bahan baku ini sulit di dapat karena cuaca buruk, Turmudi biasa membeli bahan baku di pedagang besar yang mempunyai Coll Storage, hal ini juga berpengaruh pada biaya produksi.

ü  Jarak lkasi usaha ke konsumen

Jara lokasi usaha dari konsumen sangat mempengaruhi harga, turmudi memilih pasar baru merjosari karena jarak yang di tempuh cukup efisien. Setelah subuh Turmudi harus sudah pergi ke pasar agar tidak telat.

ü  Tekstur tubuh ikan pindang

Ikan pindang adalah produk olahan perikanan, hasil rebusan membuat tekstur tubuhnya menjadi kuat. Proses packing juga mempengaruhi kondisi ikan pindang milik Turmudi ini.

ü  Perputaran modal cepat

Turmudi jarang yang namanya mengalami kerugian besar, hal ini karena ketekunanya yang datang di pasar sebelum jam enam pagi, selain itu di pasar merjosari Turmudi memang memonopoli pasar.

 

ARTIKEL TERKINI