Dampak negative

Dampak negativeDampak negative

  1. Tidak semua masyarakat menerima bioteknologi, karena mereka menganggapnya melawan kodrat alam. Padahal sebenarnya, para ahli hanya mencontoh peristiwa yang terjadi di alam. Misalnya, penggabungan gen terjadi pada peristiwa fertilisasi yaitu penggabungan gen yang dibawa oleh sel sperma dengan gen dari sel telur. Bioteknologi yang menimbulkan kontraversi contohnya bayi tabung, pengklonaan manusia, dan transplantasi organ.
  2. Belum adanya hukum yang dapat mengikuti perkembangan bioteknologi misalnya hukum tentang nenek yang mengandung cucunya, hukum tentang pengklonaan manusia, maupun transplantasi organ.
  3. Ada kekhawatiran keterampilan merekayasa gen dimanfaatkan untuk kejahatan misalnya mengklona manusia untuk kegiatan kejahatan, mengubah gen bakteri agar menjadi ganas untuk senjata biologis.
  4. Munculnya organism transgenic yang belum diketahui dampaknya. Organism transgenic dikhwatirkan justru akan dapat mempengaruhi keseimbangan alam, sulit dikendalikan atau dapat membahayakan keselamatan manusia.

 

Sumber :

https://pesantrenkilat.id/ios-11-1-akan-bawa-ratusan-emoji-baru/