Homeschooling Kak Seto Hadir di Kota Bekasi

Homeschooling Kak Seto Hadir di Kota Bekasi

Homeschooling Kak Seto Hadir di Kota Bekasi
Homeschooling Kak Seto Hadir di Kota Bekasi

Yayasan Kak Seto Putra Perkasa melakukan soft launching Homeschooling Kak Seto

(HSKS) dengan menggandeng Royal Wells School di Jalan Puncak Cikunir, Kampungdua, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Kamis (19/9).

Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto menjelaskan, HSKS membuka cabang baru di Kota Bekasi sebagai bentuk nyata untuk menjalankan amanah Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

”Jalur pendidikan di Indonesia itu kan ada tiga yakni pendidikan formal,

non formal, dan informal,” ujar Kak Seto.

Ia menjelaskan, tiga jalur pendidikan tersebut saling melengkapi satu sama lain dalam kebutuhan pendidikan dan pemenuhan hak pendidikan bagi anak. Homeschooling dibuka untuk mengedepankan kepentingan yang terbaik bagi anak-anak.

”Anak-anak harus bisa menjadi diri sendiri, mereka ada yang ingin menjadi guru, dokter, wartawan, seniman dan lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, ketika terjadi kasus seorang anak mogok sekolah maka anak tersebut tidak semestinya langsung dituding bersalah. Justru, kata dia, pihak yang harus dikritik adalah pihak sekolah atau guru dan lingkungannya yang tidak menyediakan suasana belajar yang menyenangkan.

”Belajar adalah hak anak, kalau ada anak mogok sekolah jangan salahkan anak

, kirik guru dan lingkungannya,” ujarnya.

Ia menambahkan, anak-anak berhak untuk mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga, guru juga sebaiknya tidak memaksakan materi mata pelajaran melebihi standar kompetensi lulusan, atau melebihi kurikulum yang ada.

”Guru harus memahami standar kompetensi lulusan. Anak adalah subjek jadi harus dimanusiakan, jangan membuat sekolah robot tetapi harus mengedepankan pendekatan terbaik untuk anak,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/