Peran Ayah untuk Perkembangan Mental Anak Perempuan

Peran Ayah untuk Perkembangan Mental Anak Perempuan

Untuk itu, semua ayah perlu memahami apa saja peran mereka terhadap pertumbuhan mental anak wanita mereka dan bagaimana menjalaninya. Peran itu antara lain:

1. Sebagai sumber cinta kesatu

Anak perempuan menikmati cinta dari lawan jenis guna kesatu kalinya pasti dari ayahnya. Karena itu, seorang ayah mesti dapat menunjukkan rasa cinta yang tulus dan besar untuk anak perempuannya semenjak dini, bahkan semenjak anak masih dalam kandungan ibunya. Dengan merasa disukai oleh ayahnya, anak perempuan besok tidak bakal mencari-cari cinta yang salah dari laki-laki yang belum pasti bertanggung jawab.

2. Sebagai sumber rasa hormat

Peran ayah untuk anak perempuannya pun sebagai sumber rasa hormat. Jika hendak anak memuliakan Anda, pastinya Anda pun harus menghargainya. Tunjukkan padanya bahwa Anda ialah laki-laki yang paling menghargai perempuan, khususnya dalam bersikap untuk istri. Ini yang bakal menjadi tolok ukur anak wanita dalam memilih pasangannya kelak.

Sikap buruk suami untuk istri akan disaksikan dan dialami oleh anak perempuannya. Hal ini berpotensi menciptakan anak wanita menjadi trauma dan berpikir bahwa semua pria sama kasarnya. Tentu ini tidak baik untuk perkembangan mentalnya.

3. Sebagai teman menguras waktu luang

Sebagai seorang ayah, jangan melulu disibukkan oleh kegiatan saja. Jika jadwal kegiatan Anda memang padat, ambil waktu-waktu tertentu yang dapat Anda pakai untuk bermain bareng anak perempuan.

Bermain bareng ayah menjadi petualangan yang berbeda untuk seorang anak perempuan. Hal ini sebab ayah mempunyai teknik bermain yang bertolak belakang dari ibu, barangkali dengan permainan yang lebih berani. Anak wanita akan semakin terasah keberaniannya sebab mereka yakin, ayah mereka akan tidak jarang kali ada dan senantiasa melindungi.

4. Sebagai sumber nasihat atas nilai-nilai kehidupan

Anak wanita akan beranjak remaja dan dewasa, bertemu dengan tidak sedikit lawan jenis dalam kehidupannya. Saat anak wanita mulai menginjak masa puber, seorang ayah jangan sungkan guna bertanya untuk anak mengenai perasaannya terhadap lawan jenis dan bagaimana dia menyikapinya. Nasihati dia mengenai bagaimana mesti bersikap dan bertingkah laku di hadapan lawan jenis supaya tidak terjerumus pada hal-hal yang membahayakan dirinya.

Sumber : http://www.shopzilla.fr/rd?t=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id