Pengawas Pendidikan Anisma Sebutkan, Suasana Belajar Pengaruhi Kretivitas Siswa

Pengawas Pendidikan Anisma Sebutkan, Suasana Belajar Pengaruhi Kretivitas Siswa

Pengawas Pendidikan Anisma Sebutkan, Suasana Belajar Pengaruhi Kretivitas Siswa
Pengawas Pendidikan Anisma Sebutkan, Suasana Belajar Pengaruhi Kretivitas Siswa

Suasana belajar mempengaruhi kreativitas dan semangat belajar siswa

. Agar materi yang diberikan terserap dengan baik, seorang pendidik perlu merancang suasana belajar dengan aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

“Proses belajar mengajar dikatakan berhasil jika kegiatan belajar mengajar dapat membangkitkan semangat belajar,” ujar Pengawas TK/SD Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Anisma, Selasa (22/8/2016).

Guru harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Selain untuk

membangun komunikasi dengan siswa, pengajar juga dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhanpara siswa.

Selama ini, jelas Anisma, proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung pada pencapaian target materi kurikulum dan lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman.

Hal ini, tambah Anisma, banyak kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang didominasi oleh guru

. Dalam penyampaian materi, guru menggunakan metode ceramah yang dalam pelaksanaannya siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikan guru dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya.

“Kita memerlukan guru kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh peserta didik,” tambah Anisma. Peran aktif siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain tambah Anisma. *

 

Baca Juga :