Pengertian Cerpen, Struktur dan Ciri-Cirinya

Pengertian Cerpen (Cerita Pendek)

Apa itu CERPEN? Cerpen adalah sejenis karya sastra dalam bentuk prosa narasi fiktif di mana isinya menceritakan kisah tokoh dan semua konflik serta solusi yang ditulis secara ringkas.

Secara umum, isi cerita pendek berfokus pada karakter dan situasi tertentu di mana terdapat puncak masalah (klimaks) dan solusinya. Selain itu, cerita pendek atau cerita pendek mengandung kurang dari 10.000 kata, sehingga biasanya singkat dan padat.

Sumber Referensi : ilmubelajar.com

Pahami cerpen menurut pendapat ahli

Untuk lebih memahami apa arti cerita pendek, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli. Berikut ini adalah pemahaman cerita pendek oleh para ahli:

1. Sumardjo dan Saini
Menurut Sumardjo dan Saini, pemahaman cerita pendek adalah cerita fiksi atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa terjadi kapan saja, di mana saja, di mana ceritanya relatif pendek.

2. Nugroho notosusanto
Menurut Nugroho Notosusanto, pemahaman cerita pendek adalah cerita yang panjangnya berkisar dari 5.000 kata atau sekitar 17 halaman hingga ruang lingkungan tempat konten dipusatkan dan lengkap.

3. H. B. Jassin
Menurut B. Jassin, makna cerita pendek adalah cerita pendek yang harus memiliki bagian terpenting, yaitu pengantar, perpecahan dan pembubaran.

4. Saini
Menurut Saini, makna cerita pendek itu fiktif atau tidak nyata, tetapi bisa terjadi di mana saja dan kapan saja di mana ceritanya relatif pendek.

5. A. Bakar Hamid
Menurut A. Bakar Hamid, cerpen atau cerpen harus dilihat dari jumlah kata yang digunakan, yaitu antara 500 hingga 20.000 kata, ada aksinya, ada karakternya dan ada kesan.

struktur cerita pendek

Dalam cerpen, ada 6 elemen penting yang menyusun teks cerpen untuk membuat cerita yang lengkap. Berikut ini adalah struktur cerita pendek:

1. Ringkasan
Abstrak adalah ringkasan atau esensi dari sebuah cerita pendek dan deskripsi pertama dari sebuah cerita. Elemen abstrak adalah opsional, dengan kata lain, cerita pendek mungkin tidak menggunakan abstrak.

2. Orientasi
Orientasi adalah hal-hal yang berhubungan dengan waktu, suasana, dan lokasi dalam cerita pendek.

3. Komplikasi
Komplikasi adalah urutan kejadian yang berbeda yang dihubungkan berdasarkan sebab dan akibat. Kita dapat melihat karakter bisnis dalam cerita pendek tentang struktur ini.

4. Evaluasi
Evaluasi adalah struktur konflik yang terjadi dan memuncak, dan mulai mencari solusi untuk konflik.

5. Resolusi
Pada bagian ini, pembuat cerita pendek menjelaskan solusi atau pendekatan untuk masalah karakter yang dihadapi dalam cerita pendek.

6. Koda
Koda adalah nilai atau pelajaran moral yang bisa didapat oleh pembaca cerita pendek.

Ciri-Ciri Cerpen

Bahkan, sangat mudah untuk mengenali cerita pendek berdasarkan karakteristiknya. Berikut ini adalah ciri-ciri cerpen secara umum:

  • Jumlah kata dalam cerita pendek kurang dari 10.000 kata.
  • Isi cerpennya adalah fiksi.
  • Hanya ada satu jalur (jalur tunggal).
  • Singkatan atau lebih pendek dari novel.
  • Isi cerpen biasanya diambil dari kehidupan sehari-hari.
  • Biasanya, cerita pendek menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Bentuk penokohan dalam cerpen sangat sederhana.
  • Cerpen dapat meninggalkan kesan dan pesan yang mendalam sehingga pembaca dapat merasakan isi cerpen.
  • Jadi jika Anda menemukan sebuah karya sastra, tetapi tidak memenuhi beberapa karakteristik di atas, karya sastra itu bukan cerita pendek.

Baca Juga :