Ketahui Keuntungannya dalam Dunia Kerja untuk Anak Jurusan Sosiologi

Ketahui Keuntungannya dalam Dunia Kerja untuk Anak Jurusan Sosiologi

Siapa bilang jurusan Sosiologi tidak memiliki prospek karier seperti jurusan lain? Meskipun tidak seumum jurusan Akuntansi atau Teknik Informatika, tapi jurusan yang mempelajari ilmu sosial ini ternyata sangat berguna dan bermanfaat untuk kariermu, lho! Prospek kerjanya cukup beragam, dan semua hal yang dipelajari di jurusan Sosiologi nyatanya juga bisa diterapkan di berbagai situasi perusahaan! Tidak percaya? Simak dulu beberapa alasan kenapa jurusan ini berguna untuk mengembangkan kariermu!

3 Alasan Jurusan Sosiologi Bisa Mempermudah Karier

Memahami Manusia dengan Lebih Baik
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi sosial antar manusia atau organisasi dengan objek pembelajaran yang lebih dalam, mulai dari ras, kelas sosial, hingga budaya. Para lulusan sosiologi memiliki kelebihan berupa pemahaman akan betapa kompleksnya manusia dan lingkungan sosialnya. Dengan mempelajari ini, lulusan sosiologi bisa menganalisa, membandingkan, dan menyelesaikan masalah dari kebiasaan-kebiasaan manusia.

Memiliki Beragam Kemampuan yang Berguna
Lupakan fakta bahwa Sosiologi adalah jurusan yang membosankan dan penuh teori. Beragam pelajaran di jurusan satu ini pasalnya bisa memberikan berbagai kemampuan yang berguna bagi karier. Contohnya, kemampuan kerja sama, kemampuan memahami orang lain dan budayanya, kemampuan mengambil keputusan secara rasional, hingga kemampuan komunikasi interpersonal dengan orang dari beragam latar belakang.

Peka Terhadap Perubahan
Masyarakat terus berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini tentu sudah dipahami oleh para lulusan Sosiologi. Nah, kepekaan terhadap perubahan ini bisa menjadi keuntungan tersendiri karena bisa membuatmu lebih siap menghadapi perubahan dan mudah beradaptasi dengan perubahaan.

Prospek Karier Lulusan Jurusan Sosiologi

Selain bekerja di bidang pemberdayaan sosial & sumber daya manusia, lulusan Sosiologi juga memiliki peluang untuk menempati posisi strategis di berbagai jenis perusahaan. Pekerjaan apa saja sih yang bisa dilakukan oleh kamu dengan gelar Sarjana Sosial atau S.Sos?

Human Resources
Posisi ini idealnya dilakoni oleh lulusan Psikologi. Tapi, kamu dari jurusan Sosiologi juga berpotensi untuk berkarier sebagai Human Resource atau HR. Sama-sama mempelajari tentang manusia, lulusan Sosiologi bisa memiliki pemahaman seputar berbagai sisi manusia kerja serta menganalisa masalah dan solusi di tempat kerja. Hal tersebut tentunya akan sangat berguna bagi divisi HR di perusahaan!

Market Research Analyst
Bidang satu ini cukup fleksibel dan bisa dilakukan oleh orang dari berbagai latar belakang, tak terkecuali dengan latar belakang sosiologi. Para lulusan sosiologi khususnya bisa mendalami riset pasar untuk memetakan gaya hidup, kebutuhan, dan berbagai pengelompokan lainnya di masyarakat. Kebanyakan strategi pemasaran dibuat berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian.

Jurnalis
Menjadi jurnalis bukan sekadar tentang merangkai kata yang indah, namun juga pemahaman untuk melampirkan dan melaporkan data. Inilah yang bisa menjadi keunggulan dari lulusan Sosiologi. Dengan pengalaman riset yang cukup, para lulusan Sosiologi sudah sering terekspos dengan data dan analisa, sehingga diharapkan bisa memberikan informasi dengan lebih baik. Selain itu, lulusan Sosiologi juga bisa lho menjadi spesialis untuk menganalisa konflik sosial hingga politik yang timbul di masyarakat.

Media Planner
Pekerjaan satu ini mengharuskanmu untuk menilai kebutuhan periklanan klien, dan kemudian merancang media yang cocok digunakan untuk menjangkau target pasar mereka. Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki yaitu kemampuan untuk melakukan riset dan menganalisa preferensi dari tiap kalangan. Hal ini juga sesuai dengan latar belakang jurusan Sosiologi yang mempelajari karakteristik tiap kelompok masyarakat.

Itulah berbagai keunggulan serta prospek karier yang bisa dilakoni oleh kamu yang memiliki jurusan Sosiologi.

Baca Juga :