Internet cepat, buat apa

Internet cepat, buat apa

Internet cepat, buat apa
Internet cepat, buat apa

Internet cepat, buat apa?…
Tentu di era informasi dan digital ini kita amat membutuhkan koneksi Internet yang super cepat untuk menunjang berbagai bidang kehidupan dan membantu pekerjaan kita sehari-hari. Adakalanya kecepatan Internet kita masih tidak sesuai dengan kebutuhan sekarang, bahkan masih banyak daerah di Indonesia yang belum memiliki akses Internet. Kalaupun ada, koneksinya masih sering lelet.. :(. Nah, berikut ini disajikan beberapa tips dan trik untuk mempercepat koneksi Internet, walaupun memang belum mampu mendongkrak kecepatan dengan sangat signifikan sampai berkali-kali lipat, tapi apa salahnya di coba terlebih dahulu dan semoga bisa membantu menikmati kecepatan Internet dan menambah wawasan Anda.

1. Mematikan QoS Pada Sistem Operasi Windows

Pada dasarnya OS Windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal guna layanan sistem Qos, Jika anda ingin memaksimalkan bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang, maka bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada.

Ikuti petunjuknya seperti dibawah ini :

  1. Klik Start
  2. Klik Run
  3. Ketik gpedit.msc
  4. Kemudian klik Ok
  5. Setelah masuk klik Administrative Templates
  6. Kemudian Klik Network
  7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
  8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
  9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
  10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
  11. Klik Apply, Ok
  12. Kemudian keluar dan Restart komputer

Bagi yang belum tahu QoS, QoS sendiri adalah kependekan dari Quality of Services yang mengatur dan memfilter packet jaringan yang masuk. Dengan QoS ini, windows akan menganalisa aliran data yang masuk melalui jaringan dan mengetahui proses kecepatan data. Data ini nantinya akan dimasukkan ke system dan digunakan sebagai acuan untuk efisiensi kinerja komputer secara keseluruhan.

Efek samping dari proses tersebut, QoS akan sedikit memakan koneksi internet anda sehingga koneksi internet anda jadi lebih lambat karena bandwidth akan digunakan oleh QoS. Terlebih lagi jika anda menggunakan koneksi internet yang lambat, maka koneksi internet anda akan semakin lambat.

Dengan trik ini, meskipun hasilnya tidak signifikan, koneksi internet anda akan lebih cepat dari sebelumnya karena satu proses yang memakan bandwidth tidak aktif lagi.

2. Jika Menggunakan Browser Firefox Gunakan add on Fasterfox

Fasterfox adalah sebuah add on yang berfungsi untuk mempercepat koneksi dengan melakukan optimasi pada network dan cache browser. Fungsi dari cache adalah untuk menyimpan data sementara dari website yang kita kunjungi, sehingga ketika kita membuka kembali website tersebut proses loading-nya akan lebih cepat karena datanya telah disimpan di cache.

Beberapa optimasi yang dapat dilakukan oleh fasterfox adalah: HTTP pipelining, Memory caching,Disk caching,DNS caching,FastBack caching.

Sumber : https://filehippo.co.id/