Cara Menurunkan Emosi Anak

Cara Menurunkan Emosi Anak

Menurunkan emosi adalah hal yang tidak gampang dilakukan. Terlebih, ketika anak mempunyai karakter yang susah dikendalikan, urusan kecil saja bisa membuatnya kesal. Jika dibiarkan, anak bakal tumbuh menjadi individu yang gampang marah. Anak pun susah bergaul dan tidak digemari oleh rekan sebayanya. Tentu, kita tidak mengharapkan hal ini terjadi bukan?

Maka sangat urgen untuk mengajarkan si kecil teknik mengendalikan emosi. Dengan pengendalian yang baik, proses tumbuh kembang anak menjadi optimal. Pendidikan emosi pun bakal membuatnya lebih mengetahui diri sendiri, mengajar kemandirian, dan tanggung jawab. Lantas, bagaimana teknik terbaik menurunkan emosi si kecil? Berikut uraiannya.

Beri Waktu
Layaknya orang dewasa, anak yang sedang emosi pun membutuhkan waktu untuk mendinginkan diri. Ketika si kecil marah, tidak boleh langsung berkomentar. Biarkan ia seorang diri. Beri peluang anak guna berpikir.

Tanyakan Apa yang Membuatnya Kesal
Sebagian besar orang tua tidak jarang melakukan kekeliruan saat si kecil emosi. Alih-alih bertanya tentang penyebabnya, Anda malah ikut kesal. Hal ini paling fatal sebab dapat menciptakan anak semakin emosi. Anak pun bakal merasa Anda tidak cukup memahami dirinya.

Ketika anak marah, tanyakan apa penyebabnya. Gunakan bahasa yang gampang dimengerti dan halus. Jika anak tak mau menjawab, biarkan. Tak butuh memaksa. Tunggu hingga si kecil siap mengisahkan masalahnya pada Anda.

Dengarkan dan Beri Tanggapan
Saat anak mulai bicara, tidak boleh sesekali melemparkan muka atau meminta si kecil berhenti. Hal ini akan menciptakan anak merasa tak dihargai. Sebaliknya, dengarkan dan beri perhatian pada apa yang disampaikannya. Buat anak nyaman, tunjukkan bahwa kita peduli. Dengan begitu, ia juga tak bakal ragu mengungkapkan perasaannya.

Anda boleh menyerahkan tanggapan sesudah anak berlalu bicara. Gunakan bahasa yang halus atau misal nyata sampai-sampai anak lebih gampang mengerti. Menjadi pendengar yang baik memang memerlukan usaha ekstra. Terkadang kita merasa “gatal” menyerahkan komentar. Namun, bersabarlah karena teknik ini sangat ampuh guna menurunkan emosi si kecil.

Ubah Suasana
Mengubah keadaan efektif guna menurunkan emosi si kecil. Anda dapat mengajaknya berjalan-jalan atau melakukan pekerjaan seru, laksana memancing, memasak bersama, atau bermain perangkat musik.

Sembari beraktivitas, ajarkan anak bagaimana teknik mengelola emosi. Anda dapat memberinya misal pengandaian supaya anak gampang mengerti. Beri si kecil nasihat, tanpa menggurui. Dengan begitu, anak bakal lebih menghargai Anda.

Sumber : http://www.thienantech.com/?https://www.pelajaran.co.id