TIPS MEMILIH JURUSAN

BINGUNG MEMILIH JURUSAN? BERIKUT INI 5 TIPS YANG BISA KAMU COBA

Bagi anda yang sebentar lagi lulus dari SMA dan hendak melanjutkan ke bangku perkuliahan, barangkali saat ini sedang bingung memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah memang tak mudah sebab sama halnya laksana memilih pekerjaanmu di bidang apa nantinya. Jadi, jurusan kuliah bakal memengaruhi kehidupanmu kelak.

Tapi bagaimana bila belum memahami pekerjaan apa yang sesuai denganmu? Lalu bagaimana caranya dapat memilih jurusan kuliah, ya? Yang terpenting, tidak boleh terburu-buru dalam menilai jurusan kuliahmu. Karena sedang di jurusan yang salah, bisa membuatmu kendala dalam mengekor pelajaran yang berujung pada stres saat mengikuti perkuliahan.

Nah, untuk anda yang masih bingung memilih jurusan atau bahkan belum memahami sama sekali jurusan apa yang bakal diambil, simak tips sebagai berikut yuk!

Memilih Jurusan Sesuai dengan Minat Kamu
Kalau anda bingung memilih jurusan kuliah yang akan anda ambil, kamu dapat memilihnya menurut mata latihan apa yang anda sukai sewaktu di sekolah dulu. Ketika anda memilih jurusan dengan bidang yang disukai, maka belajar pun bakal terasa menyenangkan.

Cobalah membuat susunan mata latihan atau bidang apa yang anda sukai. Kalau telah selesai, lihat kembali susunan itu dan mulai coret bidang yang bahwasannya kurang anda sukai atau kuasai. Sisakan 3-5 bidang yang benar-benar disuka lantas dapat diselaraskan dengan jurusan kuliah yang terdapat di kampus destinasi kamu.

Pilih Jurusan yang Sesuai dengan Kemampuan
Meskipun kamu hendak terlihat keren laksana seorang programmer atau elegan seperti seorang desainer pakaian, terdapat baiknya pula andai kamu mengetahui keterampilan diri sendiri terlebih dahulu. Kalau anda pintar di bidang seni, tak perlu memungut jurusan komputer supaya terlihat keren.

Maka, urgen untuk memahami minat serta kemampuanmu terlebih dahulu sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat.

Menentukan Apa Motivasi Ketika Memilih Jurusan
Coba mulai memikirkan apa semangat atau tujuan anda ketika memilih jurusan itu. Mengapa mesti menilai motivasi? Jika anda mengetahui semangat diri, pasti kehidupan perkuliahanmu bakal berjalan fasih karena anda tahu apa destinasi yang hendak dijangkau setelah lulus nantinya.

Berkonsultasi dengan Orang Terdekat
Beri tahu untuk orang terdekatmu perihal bingung memilih jurusan kuliah ini. Kamu bisa menceritakannya untuk orang tua, kakak, atau kawan terdekatmu. Tanyakan empiris mereka saat memilih jurusan kuliah dan bagaimana prospek kerja sesudah lulus. Kamu juga dapat menanyakan pendapat mereka mengenai jurusan tertentu supaya kamu memiliki bayang-bayang tentang jurusan tersebut.

Bila anda belum memahami minat dan bakatmu, tak terdapat salahnya bila bertanya untuk mereka. Di samping itu, kamu dapat berkonsultasi dengan guru tuntunan konseling di sekolah, lho.

Memilih Jurusan yang Bisa Masuk ke Banyak Bidang Pekerjaan
Salah satu destinasi kuliah ialah mendapatkan kegiatan yang baik. Namun di zaman kini ini, menggali pekerjaan tersebut relatif sulit. Jika anda masih bingung memilih jurusan kuliah, kamu dapat memilih jurusan yang dapat masuk ke sekian banyak bidang kegiatan nantinya.

Jurusan kuliah yang luwes ini bisa memudahkanmu untuk menggali pekerjaan saat selesai kuliah nanti. Jurusan laksana ilmu komunikasi atau kiat informatika bakal selalu diperlukan oleh perusahaan apa juga sehingga kesempatan kerja menjadi mudah. Tetapi ingat, sebelum memilih jurusan kuliah kamu pun harus mempertimbangkan minat dan keterampilan kamu. Sumber : pelajaran.co.id