Surat Pembaca : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuannya

Memahami huruf pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca, yang kemudian diterbitkan di surat kabar / koran, tabloid, atau majalah yang berisi jawaban, kritik, saran, keluhan, undangan, banding, terima kasih, dan sebagainya.

Surat pembaca juga dapat ditafsirkan sebagai surat terbuka, yang isinya dapat dibaca oleh seseorang, dan dapat ditujukan ke lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok atau organisasi. Seperti halnya surat itu secara keseluruhan, struktur surat pembaca terdiri dari tiga bagian: pengantar, isi, dan penutup.

Karakteristik huruf pembaca

Berikut ini adalah karakteristik atau karakteristik surat pembaca, termasuk:

Surat-surat tersebut berisi berbagai pesan, mulai dari keluhan, pujian, banding, undangan, dll, hingga lembaga atau orang tertentu. Selain itu, surat pembaca mungkin juga dalam bentuk tanggapan yang dikirim untuk menanggapi keluhan dari surat dari pembaca sebelumnya.

Secara umum sifatnya adalah surat yang dapat dibaca oleh banyak orang, mengingat bahwa isi dari pesan yang dikirimkan mempengaruhi kehidupan banyak orang.
Pendek, padat dan jelas. Surat pembaca terdiri dari 1-4 paragraf. Konten akan ditransmisikan dalam surat pembaca langsung ke titik utama percakapan.
Gunakan bahasa standar, sopan, dan komunikatif.

Fungsi dan Manfaat Email Pembaca

Berikut adalah fitur dan manfaat menulis surat kepada pembaca, termasuk:

Sebagai perantara media antara pengirim surat dengan objek yang dituju.
Membantu pengirim surat pembaca dalam mendapatkan tanggapan atau balasan yang dikirim oleh pihak terkait.
Jadilah informasi material bagi banyak orang, karena surat pembaca bersifat publik atau publik.
Tujuan Pembaca
Maksud atau alasan untuk menulis surat atau surat mana yang termasuk pembaca:

Sebagai alat untuk melakukan perubahan dan memecahkan masalah.
Dapatkan hadiah.
Ciptakan perasaan puas dan lega.
Berlatih menulis yang baik.
Kembangkan tulisan kreatif.
Cara menulis surat kepada pembaca
Penulisan surat ini kepada pembaca memiliki prinsip atau struktur, berikut ini adalah surat utama dari pembaca, termasuk:

(apa? Apa yang terjadi?
(dimana) Di mana hal ini terjadi.
(kapan) Waktu kejadian.
(bagaimana) Secara kronologis bagaimana itu terjadi.
(bagaimana) Saran dan kritik di institusi.
(informasi tambahan) Identitas dan alamat penulis surat pembaca.
Berikut ini adalah format atau elemen penulisan untuk pembaca, termasuk:

Judul

Bagian ini menunjukkan keluhan, pujian, terhadap subjek yang dimaksud. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi editor surat kabar untuk menunjukkan surat pada objek yang diinginkan.

Identitas pengirim

Di bagian ini, penulis pembaca akan menceritakan tentang kepribadiannya, dimulai dengan nama, umur, alamat, kontak. Tetapi tidak perlu khawatir, karena sebagian besar identitas pengirim surat akan dirahasiakan oleh editor surat pembaca, misalnya, nama dan kontak akan dilindungi jika mereka tidak dicatat di kolom surat pembaca.

Isi suratnya

Ini adalah bagian utama dari surat pembaca, yang berisi tujuan dari surat itu, yang mungkin dalam bentuk keluhan, pujian atau banding, pertanyaan dan hal-hal lainnya. Bagian ini juga akan memasukkan atau mengirim menunggu pengirim surat tentang masalah tersebut.

Sumbernya :