Manfaat Kaktus Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda berpikir untuk makan dari kaktus? Tanaman yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias sebenarnya bisa dimakan. Makan beberapa jenis kaktus sebenarnya dapat membawa beberapa manfaat kesehatan.

Ada lusinan jenis kaktus yang dapat dimakan, salah satunya adalah kaktus nopales atau pact berduri yang sangat populer di Amerika Latin dan Meksiko. Meski permukaannya penuh duri yang tajam, tanaman ini diyakini memiliki manfaat kesehatan.

Berbagai manfaat makan kaktus

Kaktus dapat dimakan mentah atau ditumis bersama dengan bahan tambahan lainnya. Untuk membuat hidangan lebih lezat, tanaman kaktus yang digunakan harus muda dan empuk.

Tumbuhan ini memiliki tekstur renyah. Ini hambar dan padat, dengan sedikit rasa segar dan asam. Tidak hanya enak, konsumsi kaktus juga dikenal memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

1. Kaya akan kandungan nutrisi
Seperti bahan makanan pada umumnya, kaktus mengandung berbagai nutrisi bermanfaat. Kaktus mentah 128 gram mengandung 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat, dan 14 kalori.

Manfaat lain dari konsumsi kaktus adalah memberi tubuh Anda 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4,6 mikrogram vitamin K dan 141 miligram kalsium.

Vitamin dan mineral adalah dua nutrisi yang penting untuk menjaga kelangsungan fungsi tubuh.

2. Pencernaan teratur
Ternyata kaktus juga memiliki manfaat untuk pencernaan.

Kaktus mengandung banyak serat makanan yang penting untuk proses pencernaan. Kandungan serat dalam makanan membuat tinja padat, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran pencernaan.

Asupan serat yang diperoleh dengan makan kaktus juga menstimulasi gerak peristaltik pada otot polos di sepanjang usus.

Kondisi ini dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

3. Membantu mengontrol gula darah
Makan kaktus dianggap aman bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol gula darah. Ini didukung oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ISRN Pharmacology.

Studi tersebut menemukan bahwa ekstrak biji kaktus dapat mengurangi gula darah dengan meningkatkan glikogen di otot dan hati.

Manfaat mengkonsumsi kaktus pada ini akan lebih baik jika diimbangi dengan penggunaan obat sesuai dengan resep dokter.

4. Pengurangan risiko kanker
Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kaktus dapat menghambat pertumbuhan tumor dalam tubuh. Keuntungan ini berasal dari kandungan antioksidan yang sangat bervariasi.

Dengan mengonsumsi kaktus, salah satu manfaat yang Anda terima adalah mengonsumsi antioksidan dalam bentuk pektin, karoten, asam askorbat, betalin, polifenol, dan asam galat.

Semua senyawa antioksidan ini melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang memicu pembentukan kanker.

5. Membantu menurunkan berat badan
Makan kaktus juga membawa manfaat bagi penurunan berat badan. Kaktus dapat menurunkan berat badan dengan berbagai cara.

Pertama, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya akan mempercepat laju metabolisme untuk membakar lebih banyak kalori.

Kedua, kandungan serat kaktus dapat membuat Anda lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan. Ketiga, kaktus dapat mengurangi kolesterol jahat dan membantu proses pembakaran lemak.

Kaktus tidak sepopuler bahan pengolah makanan lainnya. Padahal, makan kaktus bisa membawa banyak manfaat yang belum diketahui banyak orang.

Kaktus sangat kaya akan serat, antioksidan, vitamin dan mineral. Rasanya sangat lezat jika Anda bisa mengolahnya dengan baik. Jadi tidak ada salahnya menjadikan kaktus sebagai alternatif dari menu sehari-hari. Uji!

Baca juga: