Tugas Operator Gudang Jadi

Tugas Operator Gudang Jadi

Tugas Operator Gudang Jadi

Dalam kesehariannya seorang operator gudang memiliki tugas tugas sebagai berikut.

1. Briefing Pagi

Briefing pagi (meeting pagi) dilakukan agar operator mengetahui perencanaan kerja untuk hari tersebut, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kerja apabila semua operator telah mengtahui tugas-tugas yang harus dilakukan pada hari itu.

2. Receiving

Bagian Operator Receiving di gudang bertugas menerima barang datang/barang masuk ke gudang. barang ini bisa berasal dari mana saja, bisa dari vendor, atau barang dari produksi yang dikembalikan

3. Stacker

Bagian stacker bertugas melakukan display barang serta menghapalkan nama nama item yang ada di gudang. Stacker ini mungkin memiliki kemiripan dengan posisi merchandise di perusahaan retail. Tapi jika di manufaktur, bisanya posisi ini ada di perusahaan garment/fast moving goods..

4. Picker

Picker adalah bagian yang bertugas mengambil barang/menyiapkan barang yang hendak dikirim atau telah dipesan oleh klien. Picker ini dalam proses kerjanya harus bekerja sama dengan bagian stacker agar proses kerja bisa lebih cepat, karena pada kenyataannya, seorang stacker tentunya lebih mengetahui nama dan lokasi barang yang dibutuhkan oleh picker.

5. Checker

Sebagaimana namanya yang berasal dari kata check, seorang checker bertugas menerima barang yang disiapkan oleh picker sebelum dikirim. Seorang checker ini dituntut untuk memiliki ketelitian yang luar biasa karena jika tidak teliti, akan terjadi kesalahan pada stok dan akan menyebabkan kesulitan pada saat dilakukan stock opname.

6. Dispatcher

Dispatcher di dalam gudang berfungsi sebagai transporter. simplenya bisa dibilang bagian pengiriman atau delivery. Tugas bagian ini tentunya untuk mengirimkan barang/produk yang telah disiapkan oleh picker dan sudah di cek oleh checker.


Baca Artikel Lainnya: