Sistem Zonasi Belum Merata, Menteri Muhadjir Bilang Begini

Sistem Zonasi Belum Merata, Menteri Muhadjir Bilang Begini

Sistem Zonasi Belum Merata, Menteri Muhadjir Bilang Begini
Sistem Zonasi Belum Merata, Menteri Muhadjir Bilang Begini

Ada beberapa daerah yang belum menerapkan sistem zonasi.

Padahal, aturan itu telah tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada penerimaan siswa baru.

Banyaknya daerah yang belum menerapakan sistem zonasi itu diakui oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy. Karena itu dirinya meminta Pemerintah Daerah segera memberlakukannya.

“Peraturan ini menggantikan peraturan sebelumnya tujuannya merevitalisasi

pelaksanaan penerimaan peserta didik baru pada satuan pendidikan formal agar berlangsung lebih objektif, akuntabel, transparan, nondiskriminatif, dan berkeadilan sehingga dapat meningkatkan akses layanan pendidikan,” kata Muhadjir di Jakarta, Senin (25/06).

Muhadjir juga menjelaskan, Permendikbud ini telah disederhanakan dan diperbaiki. Diantaranya ada beberapa ketentuan misalnya yang mengatur tata cara pelaksanaan PPDB, mulai dari persyaratan, seleksi, sistem zonasi, termasuk pengaturan jumlah siswa dalam satu rombongan belajar dan jumlah rombongan belajar dalam satu satuan pendidikan.

Adapun tentang waktu pelaksanaan PPDB untuk sekolah negeri dimulai sejak bulan Mei

atau sebelum bulan Juni-Juli. “Semua sekolah negeri wajib mengumumkan secara terbuka proses pelaksanaan dan informasi PPDB,” tambah dia.

Sementara itu, untuk penerimaan siswa SD, Muhadjir menjelaskan agar semua sekolah negeri wajib menerima anak dengan usia 7 tahun. Terkecuali bagi anak yang tidak mampu pada satuan pendidikan khusus, perlu layanan khusus, dan satuan pendidikan di daerah 3T.

 

Sumber :

https://rushor.com/materi-simantik-dan-etimologi/