Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil Dengan Jaminan

Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil Dengan Jaminan

Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil Dengan Jaminan – Penyewaan mobil umumnya dilaksanakan bersama membayar pernah atau bayar belakangan. Namun untuk meyakinkan mobil dikembalikan didalam keadaan utuh cocok bersama keadaan awal. Biasanya pemilik mobil/ rental mobil menghendaki jaminan didalam wujud duit tunai. Uang berikut dapat dikembalikan sehabis mobil dikembalikan juga.

SURAT PERJANJIAN SEWA MOBIL

Pada hari ini Kamis, tanggal 10 (Sepuluh) bulan 10 (Oktober) tahun 2018 (Dua Ribu Delapan Belas), yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama    :               Ilham Hidayat

Pekerjaan           :               Owner CV. Karya Utama (Jasa Rental Mobil)

Alamat  :               Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar

No HP   :               089696967676

Dalam perihal ini bertindak untuk dan atas nama perusahaan CV. Karya Utama (Jasa Rental Mobil) yang berkedudukan di Jl. Ahmad Yani No. 123 Makassar dan sesudah itu disebut PIHAK PERTAMA

Nama    :               Nelma Kharisma

Pekerjaan           :               Konsultan

Alamat  :               Jl. Macan No. 23 Makassar

No KTP :               7392743293427934297

No HP   :               089696767696

Dalam perihal ini bertindak untuk dan atas nama diri privat dan sesudah itu disebut PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak bersama ini menerangkan bahwa PIHAK PERTAMA selaku pemilik sah sudah setuju untuk menyewakan kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA sudah setuju untuk menyewa dari PIHAK PERTAMA bersifat :

1              Jenis Kendaraan               :               Isi Disini

2              Merk/ Type        :               Isi Disini

3              Tahun Pembuatan           :               Isi Disini

4              Nomor Polisi      :               Isi Disini

5              Nomor STNK      :               Isi Disini

6              Nomor Rangka  :               Isi Disini

7              Nomor Mesin    :               Isi Disini

8              Warna   :               Isi Disini

9              Kondisi Barang  :               Isi Disini

Untuk sesudah itu disebut KENDARAAN

Selanjutnya ke-2 belah pihak bersepakat bahwa perjanjian sewa menyewa KENDARAAN BULANAN antara PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA ini berlaku sejak tanggal penandatanganan surat perjanjian ini di mana kriteria dan juga ketentuan-ketentuan didalam surat perjanjian ini diatur didalam 10 (sepuluh) pasal, sebagai berikut :

PASAL 1

MASA BERLAKUNYA PERJANJIAN SEWA

Ayat 1

Sewa menyewa ini dilangsungkan untuk jangka saat 7 (tujuh) bulan, membuka sejak tanggal 1 November 2012 dan berakhir pada tanggal 31 Mei 2013.

Ayat 2

Setelah jangka saat berikut lampau, maka sewa menyewa ini bisa diperpanjang untuk jangka saat dan bersama kriteria dan juga keputusan keputusan yang dapat ditentukan didalam Surat Perjanjian tersebut.

PASAL 2

HARGA SEWA

Ayat 1

Harga sewa atas kendaraan sebulan adalah Rp. 5.500.000,- (Lima juta Lima Ratus Ribu Rupiah) agar untuk seluruh jangka saat sewa berjumlah Rp. 38.500.000,- (Tiga Puluh Delapan Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) yang keseluruhannya dapat dibayarkan PIHAK KEDUA setiap bulannya di mulai sejak penandatanganan Surat Perjanjian ini.

Ayat 2

Surat perjanjian ini berlaku sebagai isyarat bukti pelunasan yang sah dari sejumlah duit sewa kendaraan termaksud.

PASAL 3

JAMINAN

Ayat 1

PIHAK KEDUA memberikan jaminan kepada PIHAK PERTAMA bersifat duit sejumlah Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah)

Ayat 2

Uang jaminan berikut sepenuhnya dikembalikan PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA sehabis PIHAK KEDUA mengembalikan KENDARAAN

PASAL 4

PENYERAHAN KENDARAAN

Ayat 1

PIHAK PERTAMA menyerahkan kendaraan kepada PIHAK KEDUA sehabis ditandatangani Surat Perjanjian ini berikut Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kendaraan yang dimaksud.

Ayat 2

Dalam perjanjian sewa mobil harian ini PIHAK KEDUA tidak butuh jasa pengemudi atau sopir dari PIHAK PERTAMA

Ayat 3

PIHAK KEDUA perlu menyerahkan ulang KENDARAAN berikut kepada PIHAK PERTAMA didalam keadaan jalan, terawat baik, dan kondisinya lengkap seperti PIHAK KEDUA menerima dari PIHAK PERTAMA sehabis perjanjian sewa menyewa ini berakhir

PASAL 5

KETERLAMBATAN PENYERAHAN KENDARAAN

Apabila PIHAK KEDUA terlambat mengembalikan KENDARAAN selama jangka saat 3 (tiga) hari terhitung sejak berakhirnya perjanjian ini, PIHAK KEDUA dinyatakan melaksanakan pelanggaran dan tidak berkeberatan dituntut melaksanakan pelanggaran tindak pidana cocok Pasal 372 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP)

 

PASAL 6

HAK DAN TANGGUNG JAWAB PIHAK KEDUA

Ayat 1

PIHAK KEDUA berhak sepenuhnya untuk mengfungsikan KENDARAAN yang disewakan bersama perjanjian ini.

Ayat 2

Mengingat kendaraan sudah dipegang oleh PIHAK KEDUA sebagai penyewa, karenanya PIHAK KEDUA bertanggung jawab penuh untuk memelihara dan memelihara keutuhan dan juga kebaikan keadaan kendaraan berikut sebaik baiknya atas ongkos PIHAK KEDUA sendiri.

PASAL 7

KERUSAKAN DAN KEHILANGAN

Ayat 1

Apabila terjadi kerusakan pada KENDARAAN, PIHAK KEDUA diharuskan memperbaikinya, diwajibkan mengganti spare part kendaraan yang rusak akibat pemanfaatan yang mengakibatkan spare part berikut tidak bisa digunakan ulang bersama spare part yang sama, dan seluruh ongkos berikut dibebankan sepenuhnya kepada PIHAK KEDUA

Ayat 2

PIHAK KEDUA dibebaskan dari segala pindah rugi atau tuntutan dari PIHAK PERTAMA akibat kerusakan pada kendaraan yang diakibatkan oleh force majeure.

Yang dimaksud bersama force majeure adalah :

  1. Bencana alam, seperti : banjir, gempa bumi, tanah longsor, petir, angin topan dan juga kebakaran yang disebabkan oleh factor extern yang mengganggu kelangsungan perjanjian ini.
  2. Huru hara, kerusakan, pemberontakan dan perang

Ayat 3

Apabila terjadi kehilangan kendaraan karena kelalaian PIHAK KEDUA, maka PIHAK KEDUA diharuskan mengganti bersama kendaraan sejenis bersama tahun pembuatan dan keadaan cocok atau seimbang bersama kendaraan yang disewanya.

PASAL 8

LAIN-LAIN

Hal –hal yang belum dicantumkan didalam perjanjian ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan atau musyawarah untuk mufakat oleh Kedua Belah Pihak

PASAL 9

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Apabila terjadi perselisihan dan tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan atau musyawarah untuk mufakat, KEDUA BELAH PIHAk bersepakat untuk menyelesaikannya secara hukum dan KEDUA BELAH PIHAK sudah setuju untuk memilih daerah tinggal yang lazim dan senantiasa dikantor Pengadilan Negeri Surakarta yang diwakili oleh Chatharina Maria Novia Puspita Wardani, S.H. sebagai notaris di mana Surat Perjanjian ini dibuat.

PASAL 10

PENUTUP

Surat Perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua) bersama dibubuhi materai secukupnya yang berkekuatan hukum yang serupa yang tiap-tiap dipegang PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dan mulai berlaku sejak ditandatangani KEDUA BELAH PIHAK.

Makassar, 10 Oktober 2018

Pihak Pertama   Pihak Kedua

Ilham Hidayat    Nelma Kharisma

 

Sumber : https://www.kumpulansurat.co.id/