Bentuk Satgasus Bansos Pusat hingga Daerah

Bentuk Satgasus Bansos Pusat hingga Daerah

Bentuk Satgasus Bansos Pusat hingga Daerah
Bentuk Satgasus Bansos Pusat hingga Daerah

Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian berencana membentuk satuan tugas khusus atau Satgasus Bantuan Sosial yang bertugas mengawal dan mengawasi penyaluran dana bagi warga kurang mampu.

“Di tingkat pusat akan dibentuk Satgasus Bansos, segera

. Dipimpin jenderal bintang dua dan akan melakukan diskusi teknis dengan Kemensos atau yang ditunjuk,” ujarnya melalui video conference yang disaksikan Kapolda Jabar dan gubernur Jabar dari Mapolda Jabar Jalan Sukarno Hatta Bandung, Jumat (11/1).

Ia berharap pemberian bantuan sosial ini berjalan lancar dan tepat sasaran jangan sampai malahan menjadi bumerang. Polri harus mengamankan proses penyaluran jangan sampai ada yang tidak berhak malah menerima bantuan.

“Nanti ada yang mengaku miskin, lalu protes. Jadi data juga kami minta harus jelas,” ujarnya.

Ia menegaskan jika satgas sudah terbentuk maka didaerahnya mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten DNA kota juga harus segera membentuk satgas bansos daerah.

“Kami juga akan bantu sosialisasi program ini melalui polres -polres

agar masyarakat tahu ,” tegasnya.

Sementara Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan selama semua dilakukan secara bersama sama dan kompak maka program apapun akan berjalan sukses.

“Kami semangat terus menjahit kesatuan lintas instansi. Citarum kami dengan TNI dan kini Polri untuk salurkan bansos,” tegasnya.

Kang Emil, demikian akrab disapa, mengatakan untuk Jabar jumlah keluarga

penerima manfaat bantuan sosial untuk program PKH mencapai 1,6 juta, sementara bantuan dana penggantian raskin atau BPNT mencapai 2,5 juta kepala keluarga.

“Ini seperti gula, masalahnya semut mana yang akan mendekat. Disitulah peran penting kepolisian untuk mengawal tepat sasaran dan jumlahnya. Waspadai modus-modus yang akan merugikan penerima manfaat,” tegasnya. Jo

 

Baca Juga :