Pengertian Distribusi, Keuntungan, Tujuan dan Fungsi

Pengertian Distribusi, Keuntungan, Tujuan dan Fungsi

Pengertian Distribusi, Keuntungan, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Distribusi, Keuntungan, Tujuan dan Fungsi

Pengertian Distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk menyalurkan barang-barang hasil produksi dari produsen ke konsumen.

Keuntungan kegiatan Distribusi

Penyaluran barang dari produsen ke konsumen dilakukan oleh distributor. Distributor memberi manfaat bagi para pelaku kegiatan ekonomi, baik produsen, konsumen serta distributor itu sendiri. Berikut ini 3 keuntungan yang diuraikan dengan singkat;
a. Keuntungan bagi produsen
Dengan adanya kegiatan distribusi, dalam penyaluran barang menjadi mudah & lebih praktis, sebab produsen tidak perlu mendatangi konsumen satu persatu.
b. Keuntungan bagi konsumen
Dengan adanya kegiatan distribusi, konsumen mendapat kemudahan dalam mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan untuk keperluan memenuhi kebutuhan.
c. Keuntungan bagi distributor
Dengan adanya kegiatan distribusi, sebagai distributor akan memperoleh laba/penghasilan dari jasanya tersebut.

Tujuan distribusi

  • Mempercepat penyampaian hasil produksi kepada konsumen
  • Menyampaikan jasa/barang dari produsen ke konsumen
  • Menjaga kesinambungan produksi
  • Meningkatkan nilai guna barang & jasa
  • Melakukan pemerataan hasil produksi
  • Memperbesar & meningkatkan jumlah & mutu hasil produksi.

 

Fungsi distribusi

Fungsi distribusi bisa diartikan sebagai kegiatan yang memastikan barang/jasa yang disalurkan dari produsen kepada konsumen dapat memuaskan, serta sampai dengan tepat.
Fungsi distribusi meliputi;
1) Fungsi pertukaran
Fungsi pertukaran adalah fungsi kegiatan pemasaran/kegiatan jual beli barang/jasa yang meliputi pembelian, penjualan, serta pengambilan resiko. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)
2) Fungsi penyediaan fisik
Fungsi penyedian fisik adalah fungsi yang berkaitan dengan penyediaan barang dagangan dalam jumlah sesuai kebutuhan/tepat. Fungsi dari penyediaan fisik meliputi fungsi pengumpulan, penyimpanan, pemilihan serta pengangkutan.
3) Fungsi penunjang
Berikut beberapa fungsi penunjang;
  • Fungsi pelayanan, yakni usaha yang dilakukan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen
  • Fungsi pembelanjaan, yakni segala usaha yang berkaitan dengan pendanaan
  • Fungsi penyebaran informasi, yakni usaha yang berhubungan dengan memperkenalkan barang/promosi
  • Fungsi koordinasi, yakni usaha untuk mengoordinasi semua saluran yang terkait dalam kegiatan distribusi untuk mempermudah dalam pengembangan & sebagai upaya tindak lanjut dari kegiatan distribusi.

Sistem & Saluran Distribusi

Sistem distribusi dapat dilakukan dengan cara;
  • Distribusi secara langsung; proses penyaluran barang dari produsen langsung kepada konsumen.
  • Distribusi secara semi langsung; kegiatan menyalurkan barang/jasa langsung melalui pihak/toko yang dimiliki oleh produsen itu sendiri.
  • Distribusi tak langsung; proses penyaluran barang dari produsen kepada konsumen dengan melalui para penyalur (distributor).
Demikianlah ulasan mengenai Kegiatan Distribusi yang pada kesempatan ini dapat dibahas dengan singkat. Semoga dari ulasan itu, dapat diambil manfaatnya, & membantu proses belajar. Tidak lupa pula ReadyyGo, mengucapkan terima kasih, karena anda telah berkunjung maupun membaca disini. Cukup sekian, kurang/lebihnya mohon maaf & sampai jumpa!!! Semoga anda sukses!!!