Nilai Guna Barang

Nilai Guna Barang

Nilai Guna Barang
Nilai Guna Barang
Nilai/kegunaan barang yang timbul dipicu adanya proses produksi & dapat dibedakan sebagai berikut;

a. Nilai Guna Bentuk

Nilai guna bentuk adalah nilai guna yang timbul dari kegiatan produksi dengan jalan mengubah barang/ bentuk suatu barang.

b. Nilai Guna Tempat

Nilai guna tempat adalah nilai guna yang timbul dari kegiatan produksi dengan jalan mengubah & memindahkan lokasi suatu barang.

c. Nilai Guna Waktu

Nilai Guna Waktu adalah nilai guna yang muncul dari kegiatan produksi dengan jalan mengubah waktu pemakaian suatu barang.

d. Nilai Guna Unsur

Nilai guna unsur adalah nilai guna dari suatu barang yang berasal dari gabungan/digabungkan/dicampurkan dengan barang lain, sehingga memberikan manfaat yang maksimal. Misal; air panas, kopi, & gula yang dicampur di dalam satu gelas/cangkir, maka dari campuran tersebut dapat memberikan manfaat bagi manusia. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)

e. Nilai Guna Dasar

Nilai guna dasar adalah nilai guna yang timbul dari kegiatan produksi dalam menciptakan bahan dasar untuk proses lebih lanjut.

f. Nilai Guna Kepemilikan

Nilai guna kepemilikan adalah nilai guna yang muncul dari kegiatan produksi, karena perbedaan status kepemilikan suatu barang.

g. Nilai Guna Pelayanan

Nilai guna pelayanan adalah nilai guna yang muncul dari suatu barang yang bermanfaat bagi manusia, apabila barang tersebut dapat memberikan pelayanan/menimbulkan rasa kepuasan.