Bagian Bagian pankreas Beserta Pengertianya

Bagian Bagian pankreas Beserta Pengertianya

Kepala pankreas adalah bagian terluas dari pankreas yang melekat pada usus kecil.
Daerah antara kepala pankreas, kepala pankreas dan tubuh sekitar 2,5 cm.
Pankreas, yang merupakan bagian sentral yang mengandung banyak sel pankreas, disebut bagian paling penting dari pankreas.

Bagian Bagian pankreas Beserta Pengertianya

Ekor pankreas, ujung pankreas, dan ekor pankreas terletak di perut kiri dan sedikit meruncing.
Saluran pankreas (saluran pankreas) adalah saluran yang keluar dari pankreas dan mengalir ke usus kecil. Fungsi saluran pankreas adalah untuk memandu berbagai enzim yang membantu proses pencernaan komponen penting seperti karbohidrat, protein dan lemak.


Struktur pankreas

Secara tidak langsung kami telah menggambarkan struktur pankreas dalam beberapa cara yang dijelaskan di atas, tetapi untuk kejelasan lebih lanjut, harap perhatikan gambar berikut.

Pankreas manusia terdiri dari pulau Langerhans dan sel Asia. Sementara Langerhans mendukung fungsi pankreas sebagai organ endokrin, sel asini mendukung fungsi pankreas sebagai organ eksokrin. Pulau-pulau Langerhans terdiri dari empat sel: sel alfa, sel beta, sel gamma dan sel delta pankreas. Di sisi lain, sel asini memenuhi fungsinya dengan memproduksi berbagai zat seperti natrium bikarbonat, lipase, amilase, dan karbohidrat pankreas.

Komponen jus pankreas meliputi:

Sodium bikarbonat (NaCHO 3) bersifat basa dan membantu membawa pengalaman makanan ke pH optimal. Makanan yang berasal dari perut menjadi basa karena tindakan pencernaan yang terjadi di perut. Jika makanan asam ini tidak dinetralkan, kondisi asam dapat merusak struktur saluran pencernaan yang dilaluinya.

Trypsinogen, komponen yang bukan merupakan enzim aktif. Ketika usus kecil mengaktifkannya dengan enterokinase, trypsinogen akan menjadi enzim trypsin yang berfungsi untuk memecah protein menjadi asam amino (polipeptida).

Pankreas lipase, enzim yang berfungsi memecah lemak menjadi asam lemak + gliserol. Lipase pankreas juga mengatur penumpukan lemak di tubuh kita.

Pankreas amilase, enzim yang berfungsi untuk memecah polisakarida (pati) menjadi monosakarida (misalnya glukosa).

Karbohidrat pankreas, enzim yang berfungsi memecah molekul disakarida menjadi monosakarida. Karena sel hanya dapat menerima karbohidrat dalam bentuk yang paling sederhana, semua karbohidrat harus dalam bentuk monosakarida bila diperlukan oleh sel. Contoh karbohidrat termasuk maltase, laktase dll. (Nama sesuai dengan polisakarida yang dimodifikasi).

Sumber : https://materibelajar.co.id/