Jenis Router beseta Pengertian dan Fungsi dari Router

Pengertian Router

Router adalah salah satu perangkat di dunia jaringan komputer.

Pengertian Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan atau jaringan, baik jaringan yang menggunakan teknologi yang sama atau berbeda, seperti menghubungkan topologi bus jaringan, topologi Star, atau topologi Ring.

Karena router ini menghubungkan banyak jaringan, tentu saja router tersebut berbeda dengan switch. Switch hanyalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer untuk membentuk LAN atau jaringan area lokal. Sedangkan router adalah perangkat yang menghubungkan LAN dengan banyak LAN lainnya.

Manfaat Router

Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar, yang disebut jaringan internal, atau untuk berbagi jaringan besar dalam beberapa subnet untuk meningkatkan kinerja dan memudahkan manajemen. Selain itu, router terkadang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang menggunakan arsitektur media yang berbeda atau berbeda, seperti Ethernet ke Token Ring.

Secara umum, ada dua jenis router, yaitu router statis dan router dinamis,
Router statis atau router statis adalah router yang memiliki tabel routing statis yang diatur secara manual oleh administrator jaringan. Sedangkan rute dinamis atau router jelajah adalah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis dengan membaca lalu lintas jaringan dan juga dengan menghubungkan dengan router lain.

Router PC:

Definisi router PC adalah komputer yang dimodifikasi sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat router PC Anda tidak perlu menggunakan komputer spesifikasi tinggi. Dua prosesor Pentium, 10GB hard drive, dan 64-bit hard disk serta kartu LAN yang tersedia sudah dapat digunakan sebagai router PC. Komputer yang digunakan sebagai router ini harus diinstal dengan sistem operasi router khusus. Sistem operasi populer untuk router PC adalah Mikrotik.

Sumber : Https://www.videomax.co/