6 Benda Sehari-hari yang Diciptakan NASA, Ada Energi Surya hingga Lensa Anti Gores

6 Benda Sehari-hari yang Diciptakan NASA, Ada Energi Surya hingga Lensa Anti Gores

 

6 Benda Sehari-hari yang Diciptakan NASA, Ada Energi Surya hingga Lensa Anti Gores

Banyak temuan dan inovasi NASA telah membentuk dunia modern yang kita huni saat ini. Undang-undang ini menetapkan, penelitian NASA harus bermanfaat bagi masyarakat umum. Sejak itulah, sebagian besar industri berkembang dari penelitian NASA dan masyarakat dunia pun diuntungkan.

Berikut adalah produk sehari-hari yang penciptaannya berakar dari riset dan ilmu yang dikembangkan NASA, dirangkum TribunTravel.com dari laman List25.com.

1. Energi surya

Untuk membangun pesawat terbang tanpa awak yang diujicobakan dari jarak jauh dan terbang di tempat yang begitu tinggi, NASA mengumpulkan 28 anggota serikat pekerja dalam tim yang disebut Environmental Research Aircraft and Sensor Technology. Teknologi ini menggunakan tenaga surya supaya tidak menambah beban pada pesawat.

Berkat penemuan ini, jutaan rumah dan bangunan sekarang dilengkapi dengan tenaga surya silikon kristal yang dapat memangkas biaya energi tradisional dan mengurangi polusi.

2. Anggota badan buatan

Anggota badan buatan atau prostetik adalah hasil dari kemajuan sistem otot buatan untuk digunakan dalam robot ruang angkasa NASA dan kegiatan astronot di luar pesawat ruang angkasa dan atmosfer Bumi.

3. Lensa anti gores.

NASA membutuhkan lapisan khusus untuk melindungi peralatan ruang angkasanya dari kotoran yang ditemukan di lingkungan ruang angkasa. Sehingga NASA menciptakan lapisan plastik khusus. Saat ini, lapisan plastik khusus itu dapat ditemukan pada lensa kacamata hitam yang tahan terhadap goresan. Bahkan material plastik ini lebih murah daripada kaca, dan lebih baik dalam menyerap radiasi ultraviolet.

4. Detektor asap.

NASA menemukan detektor asap yang dapat diatur-sesuaikan pertama agar para astronot bisa mengetahui adanya api atau kebocoran gas beracun di Skylab, stasiun ruang angkasa pertama milik Amerika Serikat.

Kini, detektor asap dapat ditemukan di rumah pribadi atau bangunan vital untuk menjaga keselamatan penghuni di dalamnya.

5. Ban yang berkualitas lebih baik.

NASA bersama Goodyear Tire and Rubber Company mengembangkan material berserat yang lima kali lebih kuat dibandingkan baja. Material itu digunakan pada selubung parasut untuk pendaratan pesawat ruang angkasa Viking Lander di Planet Mars. Dari material itu pula, ban kendaraan kita sekarang memiliki kualitas yang lebih baik.

6. Insole (sol dalam) sepatu.

Ketika manusia mendarat di bulan, NASA menemukan kain busa poliuretan tiga dimensi di dalam sepatu bot untuk memasang pegas di kaki astronot sekaligus menyediakan ventilasi. Dari temuan inilah, kita kini memiliki sepatu yang mengurangi dampak pijakan yang keras pada kaki saat berjalan dan berlari.

Artikel Terkait :