Sifat Kimia Formaldehida Beserta Cara Produksinya

Sifat formaldehida

Berkat formaldehida, udara terbentuk dalam gas, tetapi larut dalam air (umumnya dijual dalam larutan 37% menggunakan merek “formalin” atau “formolo”). Dalam air, formaldehid dipolimerisasi dan sangat sedikit hadir dalam bentuk monomer H2CO. Umumnya, larutan mengandung beberapa persen dalam metanol untuk membatasi adalah polimerisasi. Formalin adalah solusi formaldehida dalam air, dengan tingkat antara 10% -40%.
Mengingat sifat fisik formaldehida yang hadir sebagai aldehida umum, senyawa ini lebih reaktif dalam aldehida lainnya. Formaldehid adalah elektrofil, dapat digunakan dalam reaksi substitusi aromatik dan dalam senyawa aromatik dan dapat mengalami reaksi adisi elektrofilik dan alkena. Dalam keberadaan dalam katalis dasar, formaldehida dapat direaksikan ke Cannizzaro, menghasilkan asam format dan metanol.
Formaldehid dapat membentuk trimester siklik, polimer 1,3,5-trioksana atau polioksimetilena linier. Pembentukan dalam Zat ini membuat sifat gas formaldehida yang berbeda dari sifat ideal gas, terutama pada tekanan tinggi atau udara dingin.
Formaldehida dioksidasi oleh oksigen atmosfer oleh membran, sehingga larutan formaldehida harus ditutup dan diisolasi untuk menghindari udara.


Produksi

Dari sudut pandang industri, formaldehida dihasilkan oleh oksidasi katalitik metanol. Katalis yang paling banyak digunakan adalah logam perak atau campuran oksida besi dan molibdenum dan vanadium. Dalam sistem oksida besi yang paling banyak digunakan (proses Formox), reaksi terhadap metanol dan oksigen terjadi pada 250 ° C dan menghasilkan formaldehida, yang dihasilkan pada persamaan kimia
2 CH3OH + O2 → 2 H2CO + 2 H2O.
Catalizzator pangkalan dalam perak memberikan suhu elevasi, sekitar 650 ° C. Dalam situasi ini, saya merekomendasikan untuk reaksi kimia yang membuat formaldehida: kedua, mental yang lain adalah reaksi dehidrogenasi
CH3OH → H2CO + H2.
Ketika formaldehid ini kembali teroksidasi, ia akan menghasilkan asam format yang sering ada dalam larutan formaldehida dalam ppm.
Pada skala kecil, formalin, juga berasal dari konversi etanol, yang secara komersial tidak menguntungkan.

Rumus kimia lengkapnya ada di Https://rumus.co.id/

Fungsi

Formaldehid dapat digunakan untuk membasmi sebagian besar bakteri, sehingga sering digunakan sebagai desinfektan dan juga sebagai pengawet. Sebagai desinfektan, formaldehida juga dikenal sebagai deterjen; lantai, kapal, gudang dan pakaian.
Formaldehyde – juga digunakan sebagai pengawet dalam vaksinasi. Di bidang medis, solusi formaldehida telah dipilih untuk mengeringkan kulit, seperti penghilangan kutil. Larutan formaldehida sering diberikan dalam pembalseman untuk membunuh bakteri dan menyimpan sementara karkas.
Dalam industri, formaldehida terutama digunakan dalam produksi polimer dan berbagai produk kimia. Ketika dikombinasikan dengan fenol, urea atau melamin, formaldehida menghasilkan resin thermosetting keras. Ini adalah versi untuk lem permanen, seperti untuk kayu / kayu lapis atau karpet. Juga dalam bentuk busa sebagai isolator. Lebih dari 50% produksi formaldehyde dihabiskan untuk produksi formaldehyde.
Untuk mensintesis bahan kimia, formaldehyde digunakan untuk produksi alkohol polyfunctional seperti pentaerythritol, yang digunakan untuk melukis bahan peledak. Turunan formaldehida lainnya adalah metilena difenil diisosianat, untuk bahan eamametilena-tetramina poliuretan yang penting, digunakan dalam resin fenol-formaldehida untuk produksi RDX (eksplosif).