perbandingan penglihatan insan dengan binatang

perbandingan penglihatan insan dengan binatang – Penglihatan adalahsalah satu Indra yang bermanfaat sebagai sumber informasi melewati visual. Dengan mata kita dapat mengenal bakal sesuatu terhadap apa yang anda lihat bagaimana anda memperlakukan objek yang anda lihat. Di antaranya apakah objek tersebut membahayakan atau tidak, telah cocokkah andai warna yang anda untuk digabungkan sesuai dengan keperluan kita, memberi informasi yang sebelumnya anda tidak tahu, menyerahkan ketenangan dan kedamaian jiwa andai melihat hal-hal yang bersangkutan dengan keindahan, dan akan menyerahkan respon apa yang mesti saya dan anda lakukan terhadap objek yang anda lihat, dll.

Ternyata situasi penglihatan manusia nyaris mendekati sempurna bila dikomparasikan dengan binatang. Karena penglihatan insan sangat bertolak belakang dengan penglihatan binatang. Bahkan hewan yang bertolak belakang spesies juga juga bertolak belakang penglihatannya. Nah, beriku ini sejumlah contoh penglihatan insan dan binatang.

1. Manusia dan ular.
Binatang melata ini memakai sensor infrared untuk menyaksikan dunia. Dengan sensor itu ular mudah menyaksikan mangsanya yang mempunyai suhu di sekitarnya. Dan pada ketika malam hari, sensor itu menjadi semakin bagus dan menjadi lebih powerful 10x daripada infrared buatan.

2. Manusia dan serangga.
Reseptor visual di mata seekor lalat sangatlah unik, yaitu menyaksikan sekitarnya dengan paling lambat. Sedangkan guna seekor lebah mereka buta terhadap merah yang pulang menjadi biru gelap.

3. Manusia dan ikan.
Mata seekor ikan mempunyai reseptor ultraviolet, sehingga menyaksikan sekitarnya terlihat merah, hijau dan biru. Selain tersebut mata ikan jauh lebih bulat dan lebar bila dikomparasikan dengan manusia. Kelebihan lainnya bilamana objek itu di dasar air laut yang dalam, penglihatan ikan lebih jelas dan tajam walaupun dalam suasana gelap bila dikomparasikan dengan manusia.

4. Manusia dan kuda.
Seekor kuda mempunyai titik buta, dengan kata lain mereka tidak dapat melihat obyek tepat di depan hidungnya. Karena secara anatomi mata kuda posisinya paling di samping, bukan di depan wajah. Ternyata kuda pun tidak dapat melihat tidak sedikit warna, melulu warna abu-abu, biru dan kuning.

5. Manusia dan burung.
Mata seekor burung lazimnya mempunyai reseptor ultraviolet yang tidak dapat dilihat oleh seorang manusia. Di samping itu, sejenis burung Elang dan Falcon mempunyai penglihatan yang paling tajam walaupun obyek tersebut paling kecil hingga menempuh jarak 1.5 km, sampai-sampai mereka mudah menciduk mangsanya yang di bawah walaupun terbang dalam elevasi dengan jarak tersebut. Tapi ada pun seekor jenis burung pipit yang mempunyai penglihatan yang bagus laksana burung pada umumnya. Burung pipit hanya dapat melihat sekitarnya dengan satu warna, yakni warna merah.

6. Manusia dan sapi.
Seekor sapi ternyata mempunyai penglihatan yang buruk di mana dirinya tidak bisa melihat tidak sedikit warna bilamana dibandingkan dengan manusia. Yang tampak di mata sapi tersebut terlihat orange, tidak begitu jelas apa yang dilihatnya dan uniknya mata sapi menyaksikan objek seperti memakai kaca pembesar, yaitu menyaksikan obyek dengan ukurannya yang lebih banyak daripada yang aslinya.

7. Manusia dan tikus.
Hewan yang satu ini mempunyai mata yang unik, yakni kedua bola mata tikus tersebut dapat bergerak ke arah yang berbeda. Jadi tikus itu tidak dapat melihat objek tidak fokus. Selain tersebut mata tikus tidak dapat melihat warna dan tidak dapat melihat dengan jelas.

8. Manusia dan kodok.
Penglihatan seekor katak tidak banyak dibilang aneh, dia dapat melihat objek dengan jelas bilamana objek tersebut bergerak. Sedangkan andai objek tersebut diam penglihatan kodok menjadi tidak konsentrasi karena objek menjadi buram dan tidak jelas.

9. Manusia dan anjing.
Banyak yang berpikir kalau anjing mempunyai penglihatan terhadap objek dengan melulu warna putih dan hitam, namun teori itu salah. Karena yang benar tersebut anjing tetap dapat melihat warna namun tidak seterang, sejelas dan sebagus manusia.

10. Manusia dan bunglon.
Ternyata fauna ini mempunyai penglihatan yang bagus, di mana mereka dapat melihat sekitarnya dengan sempurna. Yang menjadi spesial mata seekor bunglon tersebut dapat bergerak ke arah yang bertentangan sehingga menciptakan tangkapan obyek yang berbeda.

Baca Juga: