Plus Minus Gadget Untuk Perkembangan Anak dan Durasi Pemakaian Sesuai Usia

Plus Minus Gadget Untuk Perkembangan Anak dan Durasi Pemakaian Sesuai Usia – Gadget memang tidak dapat dihindari dari hidup kita ketika ini, tergolong dari kehidupan anak. Pasti Moms pun pernah menyaksikan anak yang tidak dapat lepas dari gadget-nya kan? Atau bahkan anak Moms sediri pun seperti itu?

Sebenarnya gadget memiliki tidak sedikit manfaat untuk Si Kecil, baik untuk meningkatkan pengetahuan pun kemampuan visualnya. Tapi tentunya pemakaian gadget secara berlebihan pun memiliki akibat yang tidak cukup baik untuknya.

Oleh karena itu, Kara Handali, M.Psi, psikolog dari Tiga Generasi membagikan guna dan akibat buruk gadget untuk perkembangan anak. Mari anda simak!

Manfaat Gadget Untuk Anak

1. Mudah belajar kemampuan baru

Dengan gadget, Si Kecil dapat mengakses informasi juga sekian banyak video dan game edukatif. Jika Moms mengawasinya dengan baik, anak bisa mempelajari sekian banyak keterampilan dan kemahiran baru dari tayangan dan permainan yang mereka akses.

Bahkan anak juga dapat sekaligus mempelajari bahasa asing melewati internet, video, dan game yang ia mainkan, lho.

2. Bisa menemukan informasi dengan gampang dan efisien

Anak-anak biasa mempunyai rasa hendak tahu yang besar, makanya mereka dapat menggunakan internet untuk membalas pertanyaan-pertanyaan di benaknya.

Tentunya urusan ini tetap mesti dilaksanakan atas pemantauan Moms atau Dads ya, tidak boleh sampai mereka mengakses sesuatu yang belum layak untuk usianya.

3. Meningkatkan keterampilan visual dan spasial

Dengan sekian banyak warna dan format gambar pada gadget, keterampilan visual anak pun bakal meningkat. Mereka akan dapat membedakan format gambar satu dari yang lainnya, pun mempelajari sekian banyak warna.

Jika anak mempunyai keterampilan visual spasial yang bagus, itu dengan kata lain mereka bisa beranggapan dan memproses dalam format visual.

Mereka dapat langsung membayangkan sekian banyak informasi dalam format visual dua dimensi maupun tiga dimensi pada pikirannya.

Kemampuan ini menciptakan mereka jadi lebih cepat tanggap dan dapat melakukan pekerjaan yang rumit.

Dampak Buruk Gadget Untuk Anak

1. Tidak bisa beranggapan kritis dan kreatif

Akibat segalanya sudah tersedia di internet, anak juga jadi malas untuk beranggapan dan mengkreasikan hal-hal baru.

Mereka terbiasa menerima sesuatu yang telah ada, sehingga benak kritis dan kreatif mereka menjadi tidak terasah.

2. Menurunkan keterampilan konsentrasi, daya ingat, dan ketekunan

Terlalu sering memakai gadget bisa mengurangi fokus anak, lagipula ketika mereka sedang tidak memegang gadget.

Mereka juga jadi terdistraksi dan gelisah sebab tidak dapat memakai gadget, sampai-sampai tidak dapat fokus pada apa yang sedang digarap saat itu.

Daya ingat pun bakal menurun, sebab mereka mengandalkan gadget guna menyimpan informasi-informasi yang mesti mereka ingat.

Selain tersebut konsentrasi dan daya ingat, ketekunan juga dapat berkurang. Hal ini diakibatkan anak jadi malas belajar dan menggali tahu jawaban dari sebuah masalah, sebab semuanya dapat dengan gampang mereka dapatkan dari internet.

3. Menghambat perkembangan kemampuan sosial

Anak dapat menghabiskan masa-masa berjam-jam lamanya bareng gadget, makanya mereka jadi tidak bergaul dengan teman-teman sebayanya.

Keterampilan sosial mereka juga jadi terhambat, sampai-sampai mereka akan sulit bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain.

Selain keterampilan sosial, rasa percaya diri pun akan ikut terpengaruh. Mereka dapat merasa minder sebab tidak terbiasa bertemu orang lain.

Durasi Pemakaian Gadget guna Anak

Kebanyakan menggunakan gadget juga dapat membuat anak kelemahan waktu dan kualitas tidur. Makanya Moms mesti memberi batas durasi pemakaian gadget agar anak tetap dapat beraktivitas dan bersosialisasi selayaknya anak seusianya.

“Untuk anak umur 2-5 tahun, usahakan lumayan pakai gadget 1-2 jam per hari. Sedangkan anak di atas 6 tahun dapat menggunakan gadget lebih lama, namun diselingi dengan kegiatan fisik paling tidak 60 menit per hari,” jelas Kara di www.sekolahan.co.id.

Meski itu ialah durasi ideal, masih tidak sedikit anak yang menggunakan gadget lebih dari masa-masa yang ditentukan. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Moms mesti lebih memantau pemakaian gadget untuk anak supaya tidak berlebihan dan dominan buruk pada hidupnya.